Desa Nyambu, Tabanan

Home / Desa Nyambu, Tabanan

 

Desa Nyambu terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, dan merupakan desa urban yang masih memiliki lebih dari 60% lahan sawah dari total luas wilayahnya. Sebagai sebuah desa dinas, Nyambu terdiri dari dua desa adat, yaitu Desa Pakraman Mundeh (seluruh banjar) dan Desa Pakraman Kaba Kaba (dua banjar). Selain sawah, Nyambu juga memiliki keunikan budaya, terutama di Desa Pakraman Mundeh yang merupakan desa Bali Mula.

Karena keunikan yang dimiliki, Nyambu mengembangkan diri menjadi Desa Wisata Ekologis. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan sebelum meluncurkan Desa Wisata Ekologis Nyambu, mulai dari pemetaan spasial dan sosial budaya, penyusunan rencana strategis desa, pelatihan manajemen dan keterampilan desa wisata ekologis, hingga pembuatan buku panduan dan persiapan alat-alat promosi. Ada beberapa paket wisata ekologis yang ditawarkan Nyambu, di antaranya Susur Sawah dan Susur Budaya (http://jed.or.id/nyambu.htm).

Kegiatan selama hampir 1,5 tahun yang berawal dari Februari 2015 – Mei 2016 ini difasilitasi oleh British Council dan merupakan program kerja sama dengan PT. Langgeng Kreasi Jayaprima yang berlokasi di Desa Nyambu. Saat ini, Nyambu telah menjadi bagian dari JED (Jaringan Ekowisata Desa).

Leave a Reply

Your email address will not be published.