Buleleng Hebat

Buleleng merupakan kabupaten terluas dan terpanjang di Provinsi Bali, yaitu 24,25% dari total luas wilayah Bali. Topografi Kabupaten Buleleng berupa daerah perbukitan, membentang di bagian selatan, sementara di bagian utara merupakan dataran rendah. Dibanding kabupaten lainnya di Bali, Buleleng memiliki garis pantai terpanjang, yaitu 144 km. Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng mengelompokkan wilayah ini ke dalam tiga sub wilayah pembangunan untuk memudahkan serta meningkatkan koordinasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, yaitu Buleleng Barat, Buleleng Tengah, dan Buleleng Timur.

Program Buleleng Hebat sedang digagas bersama masyarakat dan Pemda Kabupaten Buleleng, untuk menjadikan Buleleng sebagai Kabupaten Hebat melalui penyiapan model Desa/Kawasan Perdesaan Hebat di tiga wilayah pembangunan, berdasarkan asal-usul dan sumber daya/potensi yang dimiliki. Visi tersebut akan dicapai melalui misi:

  1. Menguatkan hak masyarakat adat dan mendorong pengembangan pengelolaan sumber daya komunitas secara terpadu dan berkelanjutan
  2. Menyiapkan tiga model Desa Hebat, masing-masing di Buleleng Barat, Tengah, dan Timur serta satu model pengelolaan Kawasan Perdesaan terkait dengan tata kelola kawasan lokal dan terpadu serta pengelolaan sumber daya darat-laut yang dimiliki
  3. Menjaga kesakralan desa melalui pendokumentasian dan pembuatan media pembelajaran

Model Buleleng Hebat diharapkan dapat diwujudkan dalam waktu tiga tahun. Tahun pertama terfokus pada penguatan hak masyarakat adat dan mendorong pengembangan pengelolaan sumber daya komunitas secara terpadu dan berkelanjutan, dengan tujuan:

  1. Menggali sumber daya dan potensi secara mendalam dan partisipatif
  2. Memberikan arahan pembangunan dan pengembangan desa
  3. “Menyelaraskan” peta dan rencana desa dengan kebijakan di atasnya
  4. Meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran bagi masyarakat secara luas

Mari bersama-sama kita menjadikan Buleleng sebagai model Kabupaten Hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.