Wisata Ekologis Desa Bongancina

Kebutuhan data desa yang akurat menjadi sangat penting dimiliki oleh tiap desa, salah satunya adalah Desa Bongancina – Kabupaten Buleleng. Pemerintah desanya mengundang Yayasan Wisnu untuk mendampingi perangkat desanya dan kelompok masyarakatnya membangun pangkalan data dan informasi yang akurat dan komprehensif. Tujuan besarnya adalah untuk mengembangkan ekowisata di Bongancina dengan berbagai potensi dan keunikan yang dimilikinya.

Proses pendampingan di Desa Bongancina melalui berbagai tahapan, yaitu:

  1. Membentuk tim pemetaan desa melalui pendidikan pemetaan yang dimulai dari: menyiapkan instrument pengumpulan data berdasarkan Permendagri No 12/2007 dan memfasilitasi pengadaan alat, rekruitmen dan memfasilitasi tim pemetaan desa, meningkatkan kapasitas tim pemetaan melalui pelatihan – pelatihan spasial – social – sectoral – penggunaan Quantum GIS dan Teknik pengambilan foto.
  2. Pendampingan tim pemetaan dalam pengumpulan data, memfasilitasi entri data, pengolahan data analisa data. Peta yang sudah dibuat kemudian dilakukan klarifikasi dan revisi atas data yang telah diolah dan dianilisis.
  3. Dalam mewujudkan Bongancina sebagai Desa Wisata Ekologis, perlu dilakukan semiloka pemahaman desa wisata ekologis melalui diskusi – diskusi dan menyusun bersama SOP, aturan, pembagian peran dan hak, rencana bisnis.
  4. Menyusun paket wisata ekologis dan panduan wisata sebagai dasar masyarakat untuk mendampingi wisatawan yang berkunjung ke desanya.
  5. Untuk menyiapkan komponen masyarakat menghadapi wisatawan, maka kelompok masyarakat dilatih untuk mengembangkan kuliner local, penyiapan akomodasi dan sanitasi yang layak, meningkatkan kualitas produk komoditi.

Peta desa yang dihasilkan oleh tim pemetaan desa sebagai dasar untuk menunjukkan pada wisatawan maupun orang yang datang ke desa tentang potensi desanya dan Batasan wilayahnya. Masyarakat telah memiliki data desanya dengan lengkap sebagai bahan pengembangan desa ke depan.

Durasi program: 2018 – 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published.