Kota Denpasar

Home / Kota Denpasar

 

 

Kota Denpasar merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai tingkat perkembangan kota dan kependudukan yang sangat cepat. Perkembangan jumlah penduduk sangat mempengaruhi perkembangan industri pariwisata, terutama Sanur sebagai kawasan wisata Bali. Kondisi ini secara langsung juga mempengaruhi jumlah sampah yang ditimbulkan, baik dari keberadaan penduduk itu sendiri maupun yang dihasilkan oleh industri pariwisata.

Sejak Mei 2016, dan direncanakan hingga Oktober 2016, bekerja sama dengan Gringgo dan PPLH Bali, serta didukung oleh American Association of Geographers, kami mengembangkan sistem pengelolaan sampah terpadu Kota Denpasar dengan smart system. Sistem tersebut dibuat berbasis online. Nantinya, masyarakat bisa mengetahui informasi lokasi dan mengakses tempat pembuangan/pengolahan sampah terdekat melalui web dan mobile app.

Selain melakukan survei penanganan sampah Kota Denpasar secara geospasial dengan teknologi ICT (Internet Communication technology) secara langsung, dilakukan juga pemasangan GPS trackers pada kendaraan pengangkut sampah untuk mengetahui alur perjalanan sampah Kota Denpasar. Program ini diharapkan mampu mempercepat terwujudnya Denpasar Clean & Green serta Denpasar Smart City.

Leave a Reply

Your email address will not be published.