Menuju Pengotan Mandiri

Menuju Pengotan Mandiri

Sekitar 30 orang berkumpul di Kantor Desa Pengotan. Pagi itu diadakan sosialisasi program “menuju Pengotan Mandiri”, kerja sama antara Desa Pengotan, Yayasan Wisnu, Vista Travel, dan Bank Mandiri. Bapak Kepala Desa, atau yang lebih terkenal dengan Pak Mekel, membuka acara, di antaranya mengatakan bahwa peserta yang hadir adalah para klian banjar dan kepala dusun se-Desa Pengotan.

Kemudian Pak Derry dari Bank Mandiri mengatakan bahwa program merupakan bagian dari Mandiri bersama Mandiri, dalam artian Bank Mandiri bekerja sama dengan Pengotan untuk membangun desa yang akan memberikan dampak ekonomi. Bantuan yang diberikan merupakan hibah, bukan pinjaman. Berdasarkan kesepakatan masyarakat dan desa, dibutuhkan kerja sama dan dukungan semua masyarakat. Diharapkan manfaat akan dirasakan oleh seluruh masyarakat Pengotan.

Secara garis besar, Pak Gede Bagi selaku Manajer Proyek menjelaskan rencana program yang akan dilaksanakan. Bahwa program didukung oleh CSR Bank Mandiri. Tujuan program adalah mewujudkan kemampuan dan kapasitas warga Desa Pengotan dalam mengelola sumberdaya yang dimilikinya untuk sebesar-besarnya kepentingan warga desa, dalam perspektif sosial, budaya, lingkungan, dan ekonomi.

Kegiatan yang akan dilakukan meliputi:

  • Menyusun Rencana Strategis dan Konsensus Desa Pengotan
  • Melaksanakan Pemetaan Sumberdaya Desa, meliputi: Sumberdaya Manusia, Sumberdaya Budaya, dan Sumberdaya Alam
  • Mengembangkan Kelompok-Kelompok Ekonomi Produktif yang Berbasis Sumberdaya Desa
  • Mengembangkan dan Menyusun Tatakelola Organisasi terkait Dengan Kelompok Ekonomi Produktif dan dalam Hubungannya dengan Organisasi Desa
  • Melengkapi Sarana dan Prasarana Fisik Usaha Melaksanakan Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia dalam Kelompok-Kelompok yang Ada, meliputi subjek: produksi, manajemen, kewirausahaan
  • Mengembangkan Konsep Produk dan Prototipe yang siap dikomersialisasikan
  • Mengembangkan Entitas dan Model Bisnis Bagi Pelaksanaan Kemitraan Usaha Kelompok Ekonomi Produktif yang ada
  • Mengembangkan Marketing Kit
  • Menyusun Business Plan (rencana bisnis)
  • Sosialisasi dan Komunikasi  

Pada akhir kegiatan, peserta telah menyepakati bahwa program akan dilakukan, dan semua peserta sepakat untuk mendukung. Pertemuan selanjutnya akan dilakukan pada 19 Februari 2013, sosialisasi lanjutan yang ditujukan kepada masyarakat yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.